BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
4 faktor penting dalam memilih lokasi rumah idaman

Memilih lokasi adalah tahap yang penting dan paling membingungkan dalam proses mencari rumah idaman. Kita bisa mencoba bertanya kepada orang tua, kerabat, teman, atau bahkan developer. Tetapi hasil nya bukan makin mencerahkan tetapi malah makin kian pusing menentukan pilihan.

Sebenarnya tidak perlu harus bingung karena membeli rumah memang keputusan besar dalam siklus hidup seseorang. Bahkan membeli rumah boleh jadi akan menjadi pengeluaran paling besar dalam hidup kita. Sekali diputuskan, membeli rumah adalah komitmen jangka panjang yang harus dipenuhi, wajar saya kalau memusingkan.

Maka dari itu perlu dibuat perencanaan dan persiapan yang matang sejak awal dan melalui serangkaian proses mencari yang melelahkan. Jadi, jalani saja dengan santai. Untuk itu berikut sejumlah  faktor penting dalam memilih lokasi rumah.

 

1. Rumuskan Dulu Rumah Seperti Apa Yang Kita Inginkan.

Rumah yang kita inginkan harus sesuai dengan kemampuan keuangan kita dalam beberapa tahun kedepan dan dimana lokasinya. Misalnya saja rumah 1 lantai dengan luas bangunan 45 m2 dan kita mau membelinya secara kredit, maka kita hanya mau membelinya secara kredit maka kita perlu menyiapkan DP dan selebihnya menggunakan KPR.

Untuk lokasi bisa dimana saja yang penting memiliki aksesibilitas memadai ke tempat kerja dan dilalui oleh angkutan umum hingga malam hari.

2. Tentukan Kapan Kita Harus Memiliki Rumah Sendiri.

Ini penting supaya kita bisa mempersiapkan atau mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk keperluan itu. Kalau rumah akan dibeli menggunakan fasilitas KPR maka paling tidak kita harus menyiapkan dana untuk membayar uang muka sekitar 20% - 30% dari harga rumah.

Dan juga harus diperhitungkan biaya-biaya yang lain seperti KPR dan Pajak, biaya membeli perabotan standar, biaya renovasi kecil-kecilan, biaya pindah, dan biaya tidak terduga lainnya.

Baca Juga : Perlukah Belajar Properti Sebelum Jadi Developer?. Ini Jawabannya

3. Perkirakan Range Harga Rumah Maksimal Yang Mampu Kita Beli.

Caranya lihat saja berapa cicilan rumah perbulan bila dibeli secara kredit. Untuk gampangnya kita bisa mengambil brosur sejumlah perumahan untuk membuat perbandingan. Di setiap brosur biasanya dicantumkan tipe dan harga rumah serta uang muka dan cicilan yang harus kita bayar setiap bulan.

Dalam menghitung nilai cicilan, jangan lupa memperhitungkan juga kemungkinan fluktuasi bunga pasar, katakanlah 10 -20 persen dari bunga yang berlaku saat akad kredit dilakukan. Jadi, kalau bunga saat akad kredit 10 persen, penghasilan kita tetap mampu menghadapi fluktuasi bunga hingga maksimal 11 – 12 persen.

4. Tentukan Prioritas lokasi rumah yang di Inginkan. Setiap orang berbeda-beda prioritasnya.

Pasangan muda yang anaknya masih balita misalnya, mungkin akan lebih memprioritaskan lokasi rumah yang dekat atau mudah diakses dari tempat kerja. Dan itu berarti yang harus dilihat bukan hanya jaringan infrastruktur di perumahan dan dari lokasi perumahan ke tempat kerja, tapi juga aksessibilitasnya.

Kalau kita tidak memiliki kendaraan pribadi, angkutan umum dari lokasi ke tempat kerja atau sebaliknya harus cukup memadai. Sebaliknya kalau mempunyai kendaraan pribadi maka sebaiknya jalan raya dari dan menuju lokasi perumahan cukup lancar, ada akses tol langsung atau jalan alternatif, dan lain-lain

 

Nah itu Dia 4 faktor penting dalam memilih lokasi rumah idaman, nantikan tips dan trik seputar properti lainnya dari panangian School Of Property.

 

Sumber : Buku Tips Dan Trik Beli Rumah Dan Apartemen Dari Dr. Ir. Panangian Simanungkalit M.sc

 

Baca Juga :

11 Tips Dan Trick Dalam memilih DEVELOPER Agar Tidak Tertipu Oleh Developer

Pemprov DKI Membuat Sistem BPHTB Terhutang Untuk Ringankan Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

Dalam 1 Tahun Kenaikan Harga Rumah Di Jabodetabek Meningkat Hingga 27%, Ini Alasanya