BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
Perbedaan Antara Investasi Residensial dan Komersial

sebelumnya anda telah mampu membedakan dari setiap jenis investasi, mulai dari tanah kosong. rumah sewa  , rumah kos, dan apartemen, ruko, rukan , dan lain-lain. 

perbedaan-perbedaan tersebut pasti akan mempengaruhi sikap anda menilai kelayakan suatu investasi. Nah sekarang mari kita perlihatkan pembagian jenis-jenis investasi property yang telah kita bahas sebelumnya dapat kita katagorikan ke dalam 2 bagian besar yaitu residential property dan commercial property.

 
Investasi residensial atau komersial ?
 
Apakah anda sebaiknya berinvestasi di properti residensial atau property komersial, merupakan keputusan yang harus anda pilih sendiri. Bagi investor pemula, umumnya akan lebih mudah me-manage investasi properti residensial. Sebaliknya, investasi properti komersial pada umumnya lebih sulit di-manage sebab investor perlu mengetahui dan memenuhi keinginan penyewa, terutama dalam hal memenuhi keinginan penyewa, terutama dalam hal penyediaan fasilitas dan utilitas penunjang  bagi bisnis si penyewa, kendati demikian, jika anda ingin memiliki investasi yang pertumbuhan nikali tinggi,
 
Properti komersial merupakan pilihan terbaik. Pasalny, penyewa properti komersial merupakan pilihan terbaik. Pasalnya, penyewa properti komersial umumnya harus membayar biaya-biaya service charges  dan singking fund sebagai biaya perawatan memiliki kepentingan pribadi untuk menjaga properti tersebut dibandingkan dengan properti residensial.
 
Berdasarkan pengalaman “best practices” investasi properti Indonesia, khususnya properti-properti yang menghasilkan pendapatan sewa (income producing property), dapat dikategorikan  menjadi sebagai berikut :
 
# Properti Residensial
 
1.       Rumah Sewa
 
2.       Rumah Kos
 
3.       Town House
 
4.       Apartement
 
# Properti Komersial
 
1.       Ruko
 
2.       Rukan
 
3.       Ruang kantor
 
4.       Kios dan Toko