BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
Belajar dari Iwan Sunito

NUGROHO SOESANTO
Pemilik dan Direktur Sydney Property Realty
 
SEORANG guru yang baik adalah yang bisa membuat muridnya lulus ujian, lalu melihat muridnya berdikari dan maju seperti dia. Saya melihat itu ada di diri Pak Iwan Sunito (Chief Executive Officer Crown Group). Setelah merasa cukup ilmu, saya berkonsultasi dengan beliau untuk membuka usaha sendiri. Saya tanya ke beliau, ‘Pak Iwan, apakah saya sudah cukup jadi entrepreneur?’ Dia bilang, ‘sudah’.
 
Saya belajar dari Pak Iwan tentang blue ocean strategy. Saya belajar dari Pak Iwan bahwa di dunia ini ada persaingan: kenapa yang satu sukses dan yang satunya lagi tidak. Itu karena yang satu mempunyai keunikan. Contoh, banyak yang bisa berjualan hamburger, tapi kenapa hanya hamburger McDonald’s yang terkenal. Pertanyaannya, apakah McDonald’s terkenal karena hamburgernya? Menurut saya, yang terkenal kentang gorengnya. Semua orang setuju kentang goreng McDonald’s enak.
 
Banyak agen properti di Australia, cuma model bisnis kami berbeda. Kami membantu investor untuk membeli properti di bawah harga pasar tapi berpeluang jual tinggi. Kira-kira, misalnya, naik 30% dalam setahun. Kalau agen properti lebih banyak melayani apa yang Anda minta, sedangkan kami menawarkan apa yang menurut kami bagus. Jadi, di balik. Kalau ada properti bagus, kami tawarkan ke investor. Tapi, kami tidak boleh berspekulasi. Kami semacam headhunter di dunia kerja atau fund manager di ranah finansial.
 
Saya membangun bisnis ini bersama Rendy Rachmat baru tiga tahun. Total anggota tim saya ada tujuh orang. Tapi, transaksi kami Rp1,5 triliun setahun. Prinsip saya, kalau kita ingin sukses, jadikanlah orang lain itu seperti dirimu sendiri. Contoh, kalau makan tidak enak ya jangan diberikan kepada orang lain. Kalau tak suka dengan properti itu, jangan dijual kepada orang lain. Karena pada dasarnya semua orang tak mau ditipu.
 
—————————————————————————————————————-
 
Artikel ini juga dimuat di majalah PropertyBusiness Edisi 1/Tahun I/Maret 2016