BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
Mengapa orang memilih apartemen

apatemen adalah block bangunan yang didalam nya terbagi-bagi dalam sejumlah ruang atau unit, yang dipasarkan secara strata title atau disewakan. Di luar itu ada juga istilah kondominium yang merujuk kepada apartemen. Keduanya pada dasarnya sama pengertianya. Yang membedakan hanya istilahnya. Kondominium adalah penguasaan beberapa atau sejumlah orang atas sebuah propertiatau bangunan besar. Jadi, apartemen lebih menunjuk ke pengertian fisik, sedangkan kondonium merujuk kepada hak tau istilah legal.

Apapun itu bagi kalangan muda sebenarnya tinggal di apartemen adalah pilihan paling tepat.  Pasalnya, orang muda masih sangat produktif dan mobile. Waktu di rumah praktis hanya untuk beristirahat atau tidur…

Read More
Mengapa kebijakan properti untuk orang asing belum berefek

akhir 2015 lalu, disaat ekonomi dalam negeri tengah lesu akibat  terseret krisis ekonomi global dan properti sedang berada pada titik terbawah, pemerintah menerbitkan aturan terkait kepemilikan properti bagi orang asing. Aturan tersebut tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 103 tahun 2015. tentang pemilikan rumah tempat tinggal atau hunian oleh orang asing yang berkedudukan di indonesia.
 
Dalam peraturan pemerintah itu disebutkan bahwa orang asing yang tinggal di Indonesia (ekspatriat) diizinkan memiliki rumah, apartemen, atau kondominium dengan status Hak Pakai. Hak Pakai ditetapkan selama 30 tahun yang dapat diperpanjang…

Read More
Siklus Properti Terjegal Krisis Ekonomi

Permintaan pasar properti yang seharusnya sudah menapaki kurva kenaikan ternyata masih terpengaruh krisis ekonomi.

Pergerakan bisnis properti yang terjadi di Indonesia sekarang ini harus diakui meleset dari perkiraan. Bisnis yang biasanya bergerak sesuai siklusnya, kali ini ternyata tidak. Hal itu disebabkan oleh pengaruh krisis ekonomi global yang berimbas pada krisis ekonomi lokal yang berkepanjangan.

Pertumbuhan ekonomi 2015 yang hanya mencatatkan angka 5% tidak sanggup mengerek daya beli masyarakat untuk membeli properti. Saat itu, permintaan kredit pemilikan rumah (KPR) menurun menjadi 7,6%.

Read More

Bisnis Properti Tetap Melaju

JAKARTA — Sejumlah pihak menilai keputusan bank sentral AS atau The Fed menaikkan Federal Funds Rate sebesar 25 basis poin tak akan menghambat pemulihan yang tengah berlangsung di sektor properti tahun ini. Direktur Ciputra Group Harun Hajadi mengatakan, kenaikan suku bunga the Fed belum dibarengi dengan peningkatan suku bunga di Indonesia sehingga tidak berdampak terhadap sektor properti di Tanah Air.

Bank Indonesia memutuskan tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Repo Rate (7-DRR) pada level 4,75%. “Akan tetapi, kalau di Indonesia  uku bunga itu akan naik, pengaruhnya ke…

Read More