BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
Kementerian PUPR Salurkan Bantuan PSU Untuk Rumah Bersubsidi Dan Siap Dikucurkan Awal Tahun 2017

 

Dikarenakan banyaknya komplain terhadap kualitas sarana dan prasarana (PSU) perumahan yang dibuat oleh kontraktor, maka Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyerahkan sepenuhnya pembangunan PSU kepada para pengembang.

sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/ jasa pemerintah

Dalam pasal 38 ayat 5 huruf H yang menyatakan pekerjaan pengadaan PSU di lingkungan perumahan bagi MBR memungkinkan dilaksanakan dengan mekanisme pengadaan melalui penunjukan langsung kepada pengembang/developer yang bersangkutan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan berupaya menyalurkan bantuan sarana,prasarana dan utilitas umum (PSU) untuk rumah-rumah bersubsidi yang dibangun oleh pengembang.

Dengan adanya bantuan PSU tersebut diharapkan agar harga rumah yang akan dibangun oleh pengembang bisa lebih terjangkau oleh masyarakat dan lingkungan perumahan lebih nyaman untuk dihuni.

“Kami akan tetap berkoordinasi dalam pelaksanaan persiapan pelaksanaan pembangunaan bantuan PSU, sekaligus membekali pemahaman pemerintah daerah dan pelaku pembangunan terkait bantuan PSU,” ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial, Irma Yanti.

“Sehingga pada pelaksanaannya nanti, masing-masing pihak dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai pedoman yang berlaku,” ia menambahkan.

Ia menambahkan bahwa  Keputusan Menteri PUPR terkait komponen Bantuan PSU untuk tahun anggaran 2017 sedang dalam proses. Oleh karena itu kami harus memiliki strategi untuk bisa memenuhi target Bantuan PSU,

Kedepannya Direktorat RUK Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR akan berusaha menambah komponen PSU tidak hanya jalan lingkungan. 

Irma juga mengatakan agar dalam pelaksanaan pembangunan bantuan PSU 2017, setiap penyedia jasa maupun pengembang/developer dapat menjaga mutu dan kualitas pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan di dalam kontrak, dan juga mengedepankan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah setempat.

 

Nah bagi kalian yang ingin membeli rumah bersubsidi dari pemerintah di tahun 2017 bisa bersiap-siap dari sekarang nantikan info seputar properti lain nya di Panangian School Of Property.

 

Sumber Gambar : Google

 

Baca Juga :

Pemerintah Berencana Membuat Bank Tanah di Tahun 2017 Demi Menjamin Kepastian Hukum

9 Tanda-Tanda Anda Harus Mengajukan KPR Dan Memiliki Hunian Idaman Anda

Perlukah Belajar Properti Sebelum Jadi Developer?. Ini Jawabannya