BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
Pemerintah Berencana Membuat Bank Tanah di Tahun 2017 Demi Menjamin Kepastian Hukum

 

Pemerintah menargetkan bank tanah negara sudah terbentuk pada awal tahun depan untuk memberikan kepastian hukum pengendalian harga dan penguasaan tanah oleh negara.

Tenaga Ahli Menteri ATR/BPN Himawan Arif Sugoto mengatakan instrumen hukum bagi pembentukan wadah bank tanah negara diharapkan dapat terbit pada Januari 2017 berupa peraturan pemerintah (PP). Himawan mengatakan pembentukan bank tanah ini sangat perlu untuk kepentingan pengendalian harga tanah dan penguasaan tanah oleh negara.

Sedangkan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil mengatakan, kalau saat ini, pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan tetapi negara tidak mempunyai tanah. Padahal, berdasarkan Undang Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 tertulis bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

“Kita sedang membangun, tapi negara tidak punya tanah, mau bikin kawasan industri tidak punya tanah, sebab itu Bank Tanah akan kita lahirkan,” kata Sofyan di Jakarta.

banyak bank tanah yang dikuasai perusahaan properti swasta. Karenanya, dengan adanya lembaga bank tanah milik pemerintah, secara tidak langsung pemerintah dapat mengontrol harga tanah sehingga masyarakat kecil bisa membeli rumah dengan harga terjangkau.

Selain mendesak, pembentukan bank tanah juga merupakan amanat yang tercantum dalam Undang-undang 1945 dan sudah sepantasnya untuk disediakan.

Adapun penggunaan tanah berdasarkan UUPA tersebut antara lain adalah untuk keperluan negara, peribadatan, pusat-pusat kehidupan masyarakat, sosial, kebudayaan, dan kesejahteraan.

Kemudian untuk keperluan produksi pertanian, peternakan, perikanan, dan untuk keperluan industri, transmigrasi, dan pertambangan.

kenaikan harga rumah di Indonesia saat ini sudah mencapai kisaran 200% dalam setahun. Intervensi pasar oleh pemerintah dengan menyediakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga rendah belum mampu mendorong daya beli masyarakat sehingga masih banyak yang kesulitan untuk memiliki rumah hunian.

Pemerintah belum mampu mengendalikan harga konstruksi. Dari supply yang bisa dipastikan adalah harga tanah. Bank Tanah diperlukan untuk mengendalikan harga tanah, sehingga harga rumah lebih baik, Bank tanah nantinya akan menginventaris lahan-lahan milik pemerintah pusat dan daerah yang tidak diperpanjang. Bisa juga dari perubahan rencana tata ruang atau konsolidasi lahan serta aksi pembebasan dan akusisi langsung.

 

Nah itu dia alasan kenapa Pemerintah berencana membuat bank tanah di tahun 2017 nantikan info seputar properti lain nya di panangian School Of Property.

 

Sumber Gambar : Google

 

Baca Juga :

9 Tanda-Tanda Anda Harus Mengajukan KPR Dan Memiliki Hunian Idaman Anda

Investasi Properti Apartemen Di Prediksi Booming Tahun 2017, Ini Alasannya

Perlukah Belajar Properti Sebelum Jadi Developer?. Ini Jawabannya