BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
Pertumbuhan Harga Tanah di Jakarta Timur Mengalami Lonjakan Pertumbuhan Tertinggi, ini Alasannya

Saat ini pertumbuhan harga tanah di wilayah jakarta timur telah mengalami peningkatan tertinggi dibanding dengan wilayah lainnya di Jakarta dengan terkoneksinya pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah timur. Indonesia Property Watch (IPW) telah mencatat kalau pertumbuhan harga tanah di Jakarta Timur mengalami pertumbuhan tertinggi.

Direktur Eksekutif IPW, Ali Tranghanda menjelaskan bahwa,  saat ini ketertinggalan Jakarta Timur dibanding dengan wilayah lainnya dikarenakan sangat minimnya jaringan infrastruktur . Hal itulah yang membuat pasaran harga tanah perumahan di Jakarta Timur jauh tertinggal dibanding dengan wilayah lain.  rata-rata tanah di jakarta timur sebesar Rp 7,9 juta per m2, dibandingkan dengan wilayah jakarta lain yang telah mencapai puluhan juta per m2.

Proyek pembangunan pada jalur transportasi kereta api ringan atau biasa di sebut Light Rail Transit (LRT) di samping pada jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, “Beberapa pengembang di wilayah jakarta timur masih menawarkan harga rumah pada kisaran Rp1 – 2 miliar yang terbilang masih cukup rendah untuk ukuran rumah di DKI Jakarta,”

Akan tetapi dengan potensi yang ada pembangunan infratstruktur di koridor timur Jakarta, maka kenaikan harga tanah yang berada di Jakarta Timur sudah mulai terlihat. Itu berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam 3 tahun terakhir ini, pertumbuhan harga tanah pada perumahan yang ada di Jakarta Timur menempati pada urutan tertinggi yaitu sebesar 5,6 persen per tahun, dengan wilayah jakarta lain yang tidak sampai 5 persen per tahun..

Dan juga beberapa wilayah di Jakarta masih banyak diwarnai oleh koreksi harga yang dikarenakan kenaikan yang terlalu tinggi pada periode 2010 sampai 2012.

Berdasarkan rating wilayah yang telah dilakukan oleh Indonesia Property Watch (IPW) dengan pertimbangan aspek potensi wilayah dan infrastruktur, Pertumbuhan harga tanah, Tingkat persaingan, dan Image lokasi, Jakarta Timur berada di urutan tertinggi dengan nilai 160 dibandingkan wilayah lain nya

dalam perkembangannya selain pada pasar perumahan landed yang juga masih terbuka lebar di daerah Jakarta Timur dan khususnya pada segmen kelas menengah atas, dan juga pasar apartemen komersial pun di prediksi akan semakin terus berkembang mengejar ketinggalannya yang dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Sebagai salah satu arah pelebaran dari wilayah Kelapa Gading yang terus meneru mengarah ke daerah timur melewati Pulogadung dan juga Cakung, Jakarta Timur juga menyimpan berbagai potensi arah perkembangan dari CBD Jakarta yang terus mengarah ke daerah Cawang ke arah jalur Light Rail Transit (LRT). Melihat potensi tersebut maka hampir sebagian besar kawasan di daerah Jakarta Timur mempunyai potensi yang tinggi.

Belum lagi dengan banyak peluang naiknya harga tanah yang telah diakibatkan banyak perubahan tata letak ruang Pulogadung dengan menyusulnya aturan yang akan diberlakukan aturan, yaitu aturan bahwa Jakarta bebas dari kawasan industri sehingga akan industri yang ada di Pulogadung akan mengalami relokasi keluar jakarta. Dengan kondisi seperti ini akan memberikan banyak keuntungan bagi pertumbuhan di daerah Pulogadung yang akan semakin meningkat secara komersial.

 

Sumber Gambar : Google

 

Baca Juga :

Ini Dia Tips Untuk Para Developer Untuk Bisa Merancang Konsep Hunian Unik

Properti Daerah Cibubur Diperkirakan Mengalami Ledakan Properti, Ini alasannya

Ini Dia Persyaratan Cicil Apartemen Bagi Karyawan Dan Wiraswasta