BERITA PROPERTI
Informasi Terkini Seputar Bisnis Properti
Istilah Populer Tentang Lokasi Properti

1. Lokasi strategis
- Lokasi dengan aksesibilitas yang tinggi
- Lokasi dengan utilitas kota yang lengkap
- Lokasi dengan pengembangannya
- Lokasi yang siklusnya berkembang atau stabil
Lokasi strategis umumnya cocok untuk Investasi : Ruko,Rukan, Kios, Apartemen dan Ruang Kantor

 

2. Lokasi Terkenal
- Lokasi dengan aksesibilitas yang sedang
- Lokasi yang terkenal karena sesuatu yang khas
- Lokasi dengan utilitas kota yang lengkap
- Lokasi yang siklusnya stabil
Lokasi Terkenal umumnya cocok untuk Investasi: Ruko, Rukan, Kios, Apartemen dan Ruang Kantor

 

3. Lokasi Lingkungan
- Lokasi dengan aksesibilitas sedang
- Lokasi dengan utilitas lengkap
- Lokasi dengan udara yang lebih bersih
- Lokasi stabil
Lokasi Lingkungan umumnya cocok untuk Investasi : Townhouse, Perumahan dan Villa

 

4. Lokasi Primer
Lokasi primer adalah istilah untuk suatu ”kawasan utama” yang berbasis pada kualitas lingkungan dan nilai properti tertinggi. Kualitas ”kawasan utama” umumnya dicerminkan oleh : kualitas infrastruktur, fasilitas dan utilitas perkotaan, keteraturan tata ruang dan perawatan bangunan dengan kualitas yang terbaik

Contoh Lokasi Primer untuk Perkantoran dan Mal : Segitiga Emas Jakarta

Contoh Lokasi Primer untuk Perumahan elit : Pondok Indah, Permata Hijau, Senayan, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk dll

 

5. Lokasi Sekunder
Lokasi sekunder adalah istilah untuk suatu ”kawasan sekunder” yang berbasis pada kualitas lingkungan dan nilai properti kelas dua. Kualitas ”kawasan sekunder” dicerminkan oleh kualitas infrastruktur, fasilitas dan utilitas perkotaan, keteraturan tata ruang dan perawatan bangunan yang cukup baik tetapi kualitas dan nilainya dibawah kawasan primer.

Contoh Lokasi Sekunder untuk Perkantoran : TB. Simatupang, Bintaro dan Menteng

Contoh Lokasi Sekunder perumahan menengah : Bintaro, Depok, Cibubur, BSD dll

 

6. Sunrise Area atau Kawasan Yang Berkembang
Sunrise Area adalah istilah untuk suatu lokasi properti yang siklus kawasannya sedang ”tumbuh dan sedang berkembang”.
Properti-properti di kawasan ini disebut sebagai Sunrise Property. Properti ini umumnya memiliki tren potensi Capital Gain dengan tingkat rata-rata 10-15%/th, pada 5 th yang akan datang.

 

7. Sunset Area atau Kawasan Yang Menurun
“Sunset Area” adalah istilah untuk suatu lokasi properti yang siklus kawasannya sedang ”menua dan sedang menurun”. Properti-properti di kawasan ini disebut Sunset Property. Properti ini umumnya memiliki tren potensi Capital Gain dengan tingkat rata-rata < 10% /th pada 5 th yang akan datang.

 

8. Lokasi dengan Market Base yang Kuat
Market base adalah basis pasar. Basis pasar yang kuat, artinya jumlah penyewa tertentu dengan ukuran tertentu, mendominasi pasar di lokasi tersebut. Misalkan di apartemen tertentu, unit 2 kamar paling banyak di apartemen itu, sedangkan di lokasi itu lebih banyak yang berminat menyewa unit 2 kamar, maka gedung apartemen itu memiliki basis pasar yang kuat. Artinya tingkat okupansi apartemen itu tinggi.

 

9. Lokasi dengan Turn over yang tinggi
Market Turn over adalah tingkat transaksi sewa, jual dan beli atas unit-unit apartemen di lokasi tertentu. Semakin tinggi tingkat transaksi jual beli dan sewa menyewa di lokasi apartemen tertentu, maka semakin tinggi tingkat market turn over dari pasar apartemen di lokasi tersebut.

 

10. Lokasi Growth Centre
Growth Centre adalah suatu kawasan yang sedang berkembang pesat dilihat dari pertumbuhan permintaan properti di kawasan itu. Growth Centre adalah suatu pusat pengembangan kawasan yang memiliki prospek pertumbuhan permintaan properti bersifat sustainable dalam jangka panjang.

Growth Centre adalah suatu kawasan investasi properti yang memiliki tren potensi Capital Gain dengan tingkat rata-rata diatas 10% /th, untuk 5 th yang akan datang.

Ciri-ciri suatu growth centre diantaranya: dekat dengan pintu masuk dan keluar jalan tol, trade center, shopping mall, letaknya dekat persimpangan jalan-jalan utama, terminal MRT, dll.

 

Di Jakarta, Growth center terdapat di kawasan Mangga Dua, Kuningan, Tanah Abang, Sudirman, Thamrin, Bunderan HI, Gatot Subroto, Senayan, dan Casablanca.

Di Bogor, growth center terdapat di Depok, Cibinong, Sawangan, Cileungsi, dan Cibubur.

Di Tangerang, growth center terdapat di Cipondoh, Serpong, Karawaci, dan Bintaro.

Di Bekasi, pertumbuhan pesat dari growth centre, terlihat di Kranji, Pekayon, Pondok Gede, Tambun, Cibitung, dan Cikarang.